Ini dia masalah yang sering terjadi pada listrik. Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Dengan listrik, bumi yang dulu gulita kini menjadi benderang dan ceria. Selain sebagai penerangan, energi listrik juga berfungsi banyak untuk hal lain. Misalnya sebagai pembangkit air, bahkan kendaraan listrik kini sudah dikembangkan. Namun, kadang kala ada masalah listrik yang mengganggu fungsi penting listrik ini.

Biasanya, masalah listrik terjadi di tegangan atau transiennya yang secara langsung tidak dapat diketahui. Efek dari adanya gangguan tegangan ini akan terasa dalam jangka waktu yang lama. Misalnya, peralatan listrik tiba-tiba menjadi rusak, begitu juga dengan alat elektronik yang menggunakan listrik.

Namun, masih ada juga masalah-masalah lain yang juga umum terjadi pada listrik selain tegangan. Apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini sampai selesai, ya!

 

Kekurangan Atau Kelebihan Tegangan Pada Listrik

 

Masalah umum yang sering terjadi pada listrik atau sambungan listrik adalah hal yang satu ini. Kekurangan atau kelebihan tegangan pada listrik memang bisa menjadi masalah yang cukup serius. Karena, hal ini bisa menyebabkan berbagai peralatan listrik yang punya rangkaian power supply tidak bisa beroperasi. Contoh dari alat ini adalah komputer. Selain peralatannya tidak berfungsi, power supply di komputer pun bisa jadi ikut rusak.

Baca Juga

Ciri yang paling terlihat dari masalah listrik yang kekurangan atau kelebihan tegangan adalah dengan melihat nyala lampu. Coba Anda perhatikan, jika nyala lampu tiba-tiba meredup, bisa saja listrik kekurangan tegangan. Sebaliknya, jika lampu menyala semakin terang, bisa jadi itu merupakan tanda listrik kelebihan tegangan.

 

Total Loss of Line

 

Gangguan yang biasa terjadi pada listrik berikutnya adalah gangguan yang satu ini. Total loss of line adalah putusnya keseluruhan arus listrik yang disebabkan karena berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah putusnya jalur transmisi listrik ini, baik dari tegangan tinggi, menengah, atau tegangan rendah. Gangguan atau masalah semacam ini memang tidak seperti gangguan di atas. Masalah ini hanya menyebabkan peralatan listrik atau barang elektronik yang menggunakan listrik tidak mendapat suplai listrik yang cukup. Masalah total loss of line ini juga tidak akan terlalu merusak alat-alat elektronik milik Anda, hanya mungkin fungsinya akan menurun.

 

Masalah Fluktuasi Tegangan

 

selanjutnya yang sering terjadi adalah fluktuasi tegangan. Anda mungkin sering mengalami masalah yang satu ini, namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Gangguan fluktuasi pada tegangan listrik biasanya hanya terjadi dalam waktu yang singkat saja. Anda hanya perlu menyalakan kembali sekering listrik untuk mengatasi masalah ini. Fluktuasi tegangan disebabkan karena adanya perubahan pada beban listrik.

Perubahan ini terjadi secara tiba-tiba pada suatu jaringan listrik sehingga dayanya tidak kuat dan menyebabkan listrik menjadi padam. Misalnya, saat Anda menyetrika di malam hari, di mana semua lampu rumah sudah menyala. Maka bukan tidak mungkin akan terjadi fluktuasi tegangan karena hal ini.

 

Gangguan Tegangan Spike Atau Transien

 

Masalah pada listrik yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan masalah fluktuasi tegangan tadi. Hanya saja, pada gangguan tegangan spike atau transien ini terjadi tegangan fluktuasi yang sangat cepat. Selain itu, ada pula tegangan puncak yang melonjak tinggi dalam waktu yang juga sangat singkat. Gangguan yang satu ini bisa lebih lama akibatnya dari pada fluktuasi tegangan biasa.

Masalah Gabungan

Yang terakhir, masalah listrik yang umum terjadi adalah gabungan dari beberapa gangguan yang sudah disebutkan di atas tadi. Kadang kala, kelebihan atau kekurangan tegangan pada listrik dilanjutkan dengan fluktuasi tegangan atau bahkan tegangan spike.

Jika sudah seperti ini, Anda sebaiknya segera memanggil tukang listrik untuk memperbaikinya. Kalau tidak, Anda terpaksa harus gelap-gelapan dalam waktu yang lama. Sekarang ini sudah banyak tukang listrik online yang bisa kapan saja Anda panggil saat dibutuhkan.

Itu dia beberapa masalah yang sering terjadi pada listrik. Anda paling sering menemui yang mana? Untuk solusinya pun bermacam-macam sesuai dengan jenis masalahnya. Misalnya, masalah total loss of line tadi, hal ini akan butuh banyak biaya dalam perbaikan listrik karena Anda harus membeli UPS atau bahkan mesin genset.

Sementara, masalah listrik seperti tegangan spike tidak akan terlalu banyak mengeluarkan uang untuk memperbaikinya. Begitu pula dengan fluktuasi tegangan yang relatif lebih mudah cara penanganannya. Anda hanya perlu memperbaiki komponen transformator isolasi untuk hal ini. Komponen tersebut adalah komponen yang berfungsi untuk mengisolasi antara suplai jalur listrik dengan barang elektronik yang disuplai.

Fungsi trafo tersebut antara lain untuk mencegah arus listrik langsung dari suplai jalur listrik ke barang elektronik. Selain itu, alat ini juga bisa mengurangi noise yang muncul dari arus listrik. Trafo juga dapat mengurangi dampak ketegangan transien.

Nah, itu dia macam masalah listrik yang umum terjadi. Semoga bermanfaat!

 

Tentang kami . .

TUKANGLISTRIK.CO.ID merupakan jasa tukang listrik panggilan 24 jam yang berlokasi di jabodetabek.

Berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang listrik dengan dukungan tim yang berpengalaman di bidangnya.

Hotline ! ( 24 jam )

Tidak melayani pertanyaan via SMS. Untuk request penawaran sebaiknya via WhatsApp.. 

Pin It on Pinterest

Share This