Stop! Masalah listrik yang sering terjadi di rumah ini jangan ditangani sendiri. Listrik sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi manusia. Tak perlu lingkup yang besar sebagai contohnya, bahkan rumah pun sangat membutuhkan listrik. Jika listrik di rumah lancar, maka rumah pun akan selalu terang dan ceria. Namun, kadang ada beberapa masalah listrik di rumah yang sering terjadi.

Masalah listrik di rumah itu kadang kala dianggap sepele sehingga Anda memilih untuk menanganinya sendiri. Padahal, ada lho, masalah yang terjadi di listrik rumah Anda yang tidak boleh ditangani sendiri secara sembarangan, melainkan harus memanggil tenaga profesional. Hal ini bisa jadi berbahaya untuk diri Anda sendiri.

Masalah Listrik yang sering Terjadi

Apa sajakah masalah listrik yang tidak boleh ditangani sendiri itu? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Lampu Rumah yang Kedap-Kedip

Pernahkah Anda mendapati masalah yang satu ini di rumah? Tentunya pernah ya, atau bahkan sering. Lampu rumah seperti bohlam yang mendadak kedap-kedip  memang masalah listrik yang kelihatannya sederhana. Biasanya, ini disebabkan karena lampu tersebut sudah hampir mati. Namun, ternyata penyebabnya tidak selalu demikian.

Lampu kedap-kedip bisa disebabkan karena adanya bagian di dalam tombol kontak yang terkikis. Terlalu banyak instalasi dalam satu stop kontak bisa juga jadi penyebabnya. Selain itu, yang paling mengkhawatirkan adalah, adanya masalah di sambungan listrik yang bisa berujung pada kerusakan seluruh sistem jaringan listrik di rumah Anda. Kalau sudah begini, Anda tentu harus memanggil tukang listrik yang profesional untuk membenahinya, ya.

Tercium Bau Hangus

Masalah listrik di rumah yang sering terjadi berikutnya adalah terciumnya bau hangus dari arah sumber aliran listrik. Anda pernah mengalaminya? Hal ini patut dikhawatirkan karena biasanya sumber masalah berada di sistem kabel yang rusak. Selain itu, bisa juga KWH meternya mengalami korslet sehingga menimbulkan adanya percikan api dan menyebabkan bau hangus itu tercium.

Baca Juga

Sebaiknya Anda tidak mengambil risiko untuk mengotak-atik sendiri masalah tersebut dan segeralah memanggil ahlinya. Sembari menunggu tukang listrik itu tiba di rumah Anda, alangkah baiknya jika Anda mengambil tindakan dengan mematikan sumber aliran listrik di rumah. Persiapkan pula alat pemadam api ringan jika Anda memilikinya, untuk mengantisipasi adanya masalah yang akan terjadi dari hal ini.

Stop Kontak yang Panas

Screenshot_1

Hal ini tentu sangat sering terjadi di rumah, ya. Namun, hal tersebut jangan disepelekan atau dianggap wajar karena bisa saja hanya menjadi sebuah awal dari kerusakan besar. Yang perlu diperhatikan adalah tingkat kepanasan dari stop kontak tersebut. Jika dirasa terlampau panas pada stop kontak atau permukaan lampu, maka itu merupakan indikasi overheating. Overheating ini bisa berakibat fatal seperti kebakaran. Segeralah memanggil ahlinya untuk memeriksa kadar wattage di rumah Anda. Pencegahannya, Anda bisa beralih ke lampu yang lebih hemat daya misalnya LED.

Stop Kontak yang Tidak Berfungsi

Masalah listrik di rumah yang satu ini juga sering kali dibiarkan begitu saja dan dianggap sepele. Padahal, hal ini bisa membahayakan terutama jika stop kontak tersebut sudah hampir lepas dari dinding. Anda mungkin perlu tahu bahwa stop kontak, meskipun sudah tidak berfungsi, akan tetap mengalirkan arus listrik. Sengatan listrik tersebut tentu akan berbahaya bagi anggota keluarga di rumah jika stop kontaknya sampai lepas dan jatuh dari dinding. Karenanya, saat ada stop kontak yang tidak berfungsi, Anda punya dua pilihan yaitu memperbaikinya atau menutup fungsi pengaliran listriknya.

Tegangan yang Tinggi di Cuaca yang Buruk

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa tegangan tinggi akibat cuaca buruk,misalnya hujan petir akan berbahaya untuk fungsi peralatan listrik di rumah. Tentunya, cuaca ini juga tidak dapat diprediksi sehingga kadang kala Anda juga tidak sempat mematikan atau memutus aliran listrik sebelum cuaca buruk terjadi. Karena itulah Anda butuh tukang listrik profesional untuk memasang pelindung tegangan tinggi di rumah Anda. Pastikan juga untuk memilih produk dari merek yang terpercaya. Agak mahal di awal bukan suatu masalah besar dari pada harus menanggung bahaya, bukan?

Masalah di Sakelar Pemutus

Selanjutnya, masalah listrik di rumah yang biasa terjadi adalah di sakelar pemutus ini. Sakelar pemutus sangat berpotensi untuk menimbulkan kebakaran yang terjadi karena korsleting. Memang, masalah ini mungkin terlihat sederhana saja, karena hanya soal menaik-turunkan tombol yang ada. Namun, sebenarnya sakelar pemutus adalah ranah bagi para profesional dalam bidang listrik. Tukang listrik akan mengatur persediaan daya di rumah, dan mencegah agar tidak menggunakan terlalu banyak listrik yang berpusat pada satu sakelar saja.

Penutup

Nah, itu dia berbagai masalah listrik di rumah yang sering terjadi. Jangan menganggapnya sepele meski kelihatannya begitu, ya. Tetap utamakan keselamatan Anda dan keluarga dengan memanggil tukang listrik yang memang ahli di bidangnya.

Tentang kami . .

TUKANGLISTRIK.CO.ID merupakan jasa tukang listrik panggilan 24 jam yang berlokasi di jabodetabek.

Berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang listrik dengan dukungan tim yang berpengalaman di bidangnya.

Hotline ! ( 24 jam )

Tidak melayani pertanyaan via SMS. Untuk request penawaran sebaiknya via WhatsApp.. 

Pin It on Pinterest

Share This